Post navigation


Luhut Sebut Pabrik BYD di Indonesia Mulai Beroperasi 2026


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa perusahaan mobil listrik asal China, BYD, benar-benar serius dalam menggarap pasar Tanah Air.

Hal tersebut terbukti dari rencana investasinya, yang diungkapkan slot77 bakal dimulai pada Juli 2024 mendatang. Melalui komitmen itu, BYD juga akan membangun pabrik perakitan.

“BYD akan masuk, itu juga groundbreaking di bulan Juli juga semua itu nanti dan itu saya kira kita bangun ekosistemnya betul,” ucap Luhut melalui akun Instagram resminya, Selasa (19/3/2024).

Meskipun belum disebutkan lokasinya, pabrik BYD siap beroperasi mulai 2026. Langkah ini akan membuat persaingan industri mobil listrik di dalam negeri semakin ketat.

Mengingat dalam kurun waktu yang sama, perusahaan mobil listrik asal Vietnam, VinFast, juga memiliki rencana membangun pabrik di Indonesia.

“BYD sangat antusias dengan investasi ke Indonesia dan targetnya di awal 2026, pabrik mereka dapat mulai berproduksi secara komersial di Tanah Air,” kata Luhut.

Sejurus dengan penciptaan ekosistem kendaraan listrik, pemerintah akan memastikan semua kementerian/lembaga memiliki fasilitas isi ulang daya kendaraan listrik.

Dengan demikian, ekosistem kendaraan listrik dapat dibangun dari Jakarta hingga Surabaya.

“Kembali lagi ini soal ekosistem, jadi kita akan dorong supaya rakyat kita sebanyak mungkin pakai mobil atau motor listrik tentu kita sudah kasih insentif kan di mana-mana,” kata Luhut.

Untuk diketahui, Luhut sebelumnya mengatakan, pemerintah tidak lagi menunggu masuknya investasi perusahaan mobil listrik Tesla ke Indonesia, lantaran sudah ada investasi dari BYD.

Produsen mobil listrik asal China ini, telah resmi berinvestasi senilai 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 20 triliun untuk membuat pabrik di Indonesia.

Luhut Sebut Pabrik BYD di Indonesia Mulai Beroperasi 2026

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *