Post navigation


Otomotif Adalah Cabang Teknik Mesin, Penertianya


Otomotif Adalah Cabang Teknik Mesin, Penertianya

Tantangan Industri Otomotif, Tangguh dan Berkelanjutan - Kompas.id

 

Otomotif yaitu cabang dari teknik mesin yang pengertian dan cabang ilmunya akan diulas dalam tulisan ini. Topik ini penting untuk mengenal lebih luas mengenai industri dan kesempatan kerja di bidang otomotif.

Sebagian dari Carmudian mungkin saja tertarik untuk terjun ke bidang otomotif. Industri ini memang menjanjikan lapangan kerja yang luas.

Figur kecilnya, dengan kemajuan teknologi dunia maya maka semua orang berkesempatan menjadi reviewer mobil melalui kanal YouTube atau media sosial lainnya.

Tapi, lebih dari itu industri otomotif juga akan senantiasa memerlukan bakat-bakat muda untuk mengisi posisi di pabrikan alias perusahaan yang membikin kendaraan.

Di dalam perusahaan otomotif itu sendiri ada banyak divisi yang menjalani perannya masing-masing. Tapi, bagian pengembangan dan produksi boleh dibilang yaitu yang paling penting.

Dari tangan dingin orang-orang di dalamnya lahir produk-produk otomotif yang dapat kita lihat di jalan raya.

Carmudian yang tertarik menjalani pekerjaan tersebut sebaiknya memilih jurusan pendidikan yang pas. Salah satu alternatif yang aman yaitu teknik otomotif.

Kuliah Teknik Otomotif Ada di Mana Saja?

Penelusuran Carmudi, saat ini setidaknya ada 7 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program pendidikan Teknik Otomotif:

  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Makassar
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Padang
  • Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Medan.

Dalam review kali ini, Carmudian dapat melihat pemahaman dasar mengenai otomotif itu sendiri.

Review ini memang bukan dialamatkan sebagai tulisan ilmiah, melainkan sebatas gambaran mengenai industri otomotif yang bahannya dirangkum dari bermacam sumber, seperti ensiklopedia bebas, buku otomotif luar negeri, dan sebagian web institusi pendidikan.

Pengertian Otomotif

Istilah “otomotif” dapat jadi telah cukup akrab di telinga Carmudian lebih-lebih lagi yang menyukai kendaraan bermotor bagus roda empat maupun roda dua.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian otomotif yaitu berkaitan dengan yang berputar dengan sendirinya, seperti motor dan sebagainya.

Pengertian yang lebih luas dapat ditemui bila menengok ensiklopedia bebas Wikipedia. Dijelaskan, teknik otomotif—bersama teknik pesawat terbang atau kapal laut—yaitu cabang dari teknik kendaraan.

Di dalam teknik otomotif terdapat elemen mengenai mekanik, listrik, perangkat lunak, dan teknik keselamatan. Sebab-hal tersebut diterapkan pada desain, pembuatan, dan pengoperasi kendaraan-kendaraan.

Bagi Carmudian yang ingin lebih serius belajar perihal otomotif tampaknya juga seharusnya akrab dengan hitung-hitungan.

Tapi ikut diterangkan bahwa studi otomotif juga yaitu bidang penelitian yang intensif dan melibatkan secara lantas figur matematika dan formula.

Adapun cakupan dari pendidikan mengenai teknik otomotif yaitu untuk mendesain, mengoptimalkan, memproduksi, dan mengetes kendaraan atau bagian mulai dari tahap konsep hingga produksinya.

Sementara itu, ada 3 fungsi dari studi teknik otomotif, mencakup produksi, pengembangan, dan manufaktur.

Dari penjelasan di atas kelihatan bahwa teknik otomotif memiliki tantangan tersendiri bagi mereka yang hendak mendalaminya. Apa yang seharusnya dipelajari memang tidak dapat dikatakan mudah.

Tapi, hal ini sangat berdalih mengingat pada walhasil produk otomotif akan sangat berkaitan dengan keselamatan jiwa konsumen.

Ragam-Ragam Tapi Teknik Otomotif

Pada lazimnya mereka yang bekerja di bidang otomotif yaitu engineer atau insinyur.

Tapi, sumber yang sama menjelaskan setidaknya ada dua macam engineer di industri otomotif, yaitu Development Engineer dan Manufacturing Engineer.

Apa perbedaan antara Development Engineer dan Manufacturing Engineer?

Development Engineer

Seorang Development Engineer memiliki tanggung jawab untuk melakukan “koordinasi” atribut-atribut teknik dari sebuah produk kendaraan bermotor.

Sekaligus pada ketetapan yang dikasih oleh pabrikan, aturan pemerintah, atau malah usulan-usulan dari pelanggan yang membeli produk.

Development Engineer akan sangat memerhatikan interaksi semua sistem yang terdapat pada produk kendaraan bermotor. Seumpama menentukan tiap bagian bekerja sebagaimana dikehendaki.

Tapi untuk sistem pengereman yang simpel berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan. Tapi, development engineer juga seharusnya menentukan level kekerasan pedalnya, suara yang dimunculkan, hingga hubungannya dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS).

Manufacturing Engineer

Di lain sisi, Manufacturing Engineer bertanggung jawab menentukan produksi yang pas untuk bagian otomotif atau kendaraan secara komplit komplit.

Berbeda dengan Development Engineer yang bertanggung jawab atas fungsi kendaraan, Manufacturing Engineer bertanggung jawab atas produksi kendaraan yang aman dan efektif.

Sebuah tim Manufacturing Engineer lazimnya terdiri dari insinyur progres, koordinator logistik, insinyur perkakas, insinyur robotika, dan perencana perakitan.

Dalam industri otomotif, tahap manufacturing lazimnya memainkan peran yang lebih besar dalam tahap pengembangan bagian otomotif untuk menentukan bahwa produk mudah dijadikan.

Di luar dua macam pekerjaan tersebut sebenarnya masih ada sebagian peran lagi, di antaranya:

Aerodynamics Engineer, lazimnya bertugas memberi arahan terhadap Development Engineer untuk menghasilkan wujud kendaraan yang aerodinamis sekaligus tetap menarik.
Body Engineer, memiliki tugas bekerja sama dengan Development Engineer lebih-lebih untuk menentukan wujud panel-panel bodi kendaraan.

NVH Engineer, tugasnya yaitu melakukan pengujian terhadap suara-suara dan getaran yang dapat dirasakan di dalam kabin dengan tujuan menghasilkan kendaraan yang nyaman diterapkan.
Change Control Engineer, bertugas menentukan semua perubahan-perubahan terhadap desain atau produksi dilakukan dengan terorganisir, tertata, dan diimplementasikan dengan pas.

Otomotif Adalah Cabang Teknik Mesin, Penertianya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *